Jon Bon Jovi : Inilah Riwayat Hidup Sang Rocker Legendaris USA

- Penulis

Senin, 6 Maret 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ASLINEWS.ID – Dilahirkan dengan nama John Francis Bongiovi Jr. pada 2 Maret 1962 di Perth Amboy, New Jersey. Jon dibesarkan oleh orangtuanya, Carol dan John Bongiovi, seorang penata rambut. Saat usia remajanya, dia bergaul di klub-klub lokal, meyankini bahwa suatu hari dia akan menjadi seorang bintang rock.

Mengidolakan bintang terkenal lokal seperti Bruce Springsteen dan the Astbury Jukes, Jon bermain di klub-klub pada saat dia berusia 16 tahun. Dia bertemu kibordis David Bryan saat di SMA, dan keduanya membentuk band rhythm and blues berjumlah 10 orang bernama Atlantix City Expressway. Jon juga tampil dengan band bernama The Rest, The Lechers dan John Bongiovi and the Wild Ones.

Pada tahun 1982, Jon merekam single pertamanya, Runaway, di studio sepupunya, dengan dukungan musisi studio. Sebuah stasiun radio lokal menyertakan lagu itu dalam rekaman kompilasi, dan lagu itu mulai mendapatkan siaran rutin. Kesuksesan Runaway membuat Jon yakin, dan dia menyadari bahwa dia memerlukan lebih dari sekedar pemain sesi jika ia menginginkan untuk meningkatkan kesuksesannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jon menghubungi David, yang memberikan rekaman pada Alec John Such,Tico Torres dan gitaris Richie Sambora. Selama sebuah pertunjukan di New York tahun 1983, band mendapatkan perhatian petinggi rekaman Derek Shulman, yang mengontrak mereka ke PolyGram. Shulman-lah yang merubah nama John Bongiovi menjadi Bon Jovi.

Debut self-title mereka keluar pada 21 Januari 1984. Berisi dengan lagu-lagu yang kini menjadi ciri khas grup yang ditopang oleh riff gitar menggelegar dan melodi yang diolah dengan rapi, album ini mendapatkan sertifikat emas. Bon Jovi merilis album susulannya, 7800 Fahrenheit, pada April 1985, yang sangat terkenal di kalangan penggemar, tapi kurang mendapat perhatian dari pers. Banyak kritik ditepis oleh citra band hard rock yang rapi dan gaya yang berfomulasi.

Tur untuk membuka Scorpions, Kiss dan Judas Priest membantu Bon Jovi membangun penggemar yang menjadi basis penggemar yang mengapresiasi koleksi lagu-lagu grup yang mengena dan soulful tentang betapa sulitnya menjadi seorang remaja. Band menanggapi pujian tinggi secara kritis dengan album ketiganya, Slippery When Wet, yang mendapatkan sertifikat emas dan platinum secara berurutan dakam 6 minggu masa perilisannya. Didukung penuh dengan lagu-lagu seperti Livin’ on a Prayer dan Wanted Dead or Alive, album ini terjual hingga mencapai 14 juta keping, menempatkannya setara dengan Thriller-nya Michael Jackson.

Band melakukan istirahat sementara pada tahun 1989. Jon berkonsentrasi pada karir solonya, menikahi juara karate Dorothea Hurley dan muncul di film pertamanya, Young Guns II, dimana dia memenangkan sebuah Golden Globe untuk Best Song, Blaze of Glory.

Pada tahun 1991, Jon Bon Jovi memulai labelnya sendiri, Jambco Records, dan memproduksi album Blood on the Bricks-nya Aldo Nova dan album Pretty Blue World-nya Billy Falcon. Mengalami kebimbangan dengan bisnis musik, meskipun memiliki semua kesuksesannya, dan tidak bahagia dengan status quo, pada musim panas 1991 dia melakukan perjalanan dengan sepeda motor lintas negara bagian selama 2 minggu dan secara signifikan berakibat pada kreatifitasnya.

Pada tahun 1992, pendapatan komersil kembali ke Bon Jovi menjadi sebuah bukti yang tidak dapat disangkal, dan band merilis album lain, Keep the Faith. Jon menikmati sukses solo lebih jauh dengan Destination Anywhere tahun 1997. Band berkumpul kembali 2 tahun kemudian untuk merekam album nominator Grammy, Crush, dan lagi pada tahun 2002 dengan merilis album berikutnya, Bounce.

Pada tahun 90an, Jon merentangkan bakatnya dengan menjalani karir akting dengan membintangi sebuah peran di filem Moonlight and Valentino dan The Leading Man. Dia juga muncul di film independen, antara lain Pay It Forward dan U-571. Di televisi, dia merupakan bintang tamu rutin di Ally McBeal hingga seri final pada tahun 2002. Bon Jovi juga membuat tajuk utama pada tahun 2004 saat dia dan Sambora menjadi pendiri dan pemilik Arena Football Leagus’s Philadelphia Soul. Tahun berikutnya, dia dan band memberikan sumbangan sebesar $1.000.000 kepada Oprah Winfrey’s Angel Network.

Jon menikahi Dorothea Hurley, seorang instruktur karate, pada 29 April 1989 di Graceland Wedding Chapel. Mereka memiliki empat orang anak; Stephanie Rose (lahir 31 Mei 1993), Jesse James Louis (lahir 19 Februari 1995), Jacob Hurley (lahir 7 Mei 2002) dan Romeo Jon (lahir 29 Maret 2004). (A-E/01)

Diolah dari berbagai sumber

Berita Terkait

Inilah Single Terbaru Roberto Boccheti ‘Suburbia’
Tiger 3:  Bertemunya Mega Bintang Shah Rukh Khan dan Salman Khan
Peringati Hari Perempuan Sedunia, Selena Gomez Bagikan Ini Kepada Penggemarnya. Kepoin Yuk!
Lady Gaga Batal Tampil di Oscar 2023
Gito Rollies: Memori SUPERKID

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 15:51 WITA

Inilah Single Terbaru Roberto Boccheti ‘Suburbia’

Jumat, 10 Maret 2023 - 08:20 WITA

Tiger 3:  Bertemunya Mega Bintang Shah Rukh Khan dan Salman Khan

Kamis, 9 Maret 2023 - 07:36 WITA

Peringati Hari Perempuan Sedunia, Selena Gomez Bagikan Ini Kepada Penggemarnya. Kepoin Yuk!

Kamis, 9 Maret 2023 - 06:51 WITA

Lady Gaga Batal Tampil di Oscar 2023

Selasa, 7 Maret 2023 - 14:05 WITA

Gito Rollies: Memori SUPERKID

Senin, 6 Maret 2023 - 10:44 WITA

Jon Bon Jovi : Inilah Riwayat Hidup Sang Rocker Legendaris USA

Berita Terbaru

GIAT SOSIAL

KMHDI NTB Resmi Canangkan KMHDI Mengajar di Pulau Sumbawa

Senin, 8 Apr 2024 - 13:16 WITA

KABAR PEMILU

Rumaksi : Masyarakat Adalah  Mitra Pembangunan di Lombok Timur

Minggu, 7 Apr 2024 - 00:00 WITA